Info Menarik Seputar Tips dan Aktivitas Rafting Malang

Bagi kalangan yang masih awam, ketika mendengar kata arum jeram alias rafting, satu diantara sekian banyak hal yang terlintas adalah aktivitas ekstrem yang biasa diikuti kalangan muda. Namun, jika Anda menelusuri secara lebih mendalam, sebenarnya olahraga air ini tidak seburuk yang diasumsikan. Aktivitas yang memang menguji adrenalin ini sebenarnya bisa diikuti oleh siapa saja. bahkan anak-anak berusia 6 tahun ke atas. Karena itu, agar lebih mengenal jenis wisata petualangan ini, Anda bisa menyimak info dan tips seputar rafting berikut salah satu contohnya, yaitu rafting malang.

Image result for wisata kaliwatu batu malang

Aktivitas arum jeram atau yang dikenal dengan rafting merupakan olahraga air yang dilakukan secara berkelompok. Selain merupakan olahraga yang menguji fisik dan adrenalin, wisata olahraga seperti rafting malang juga memberikan suatu perasaan gembira dan menyenangkan bagi mereka yang telah menjajalnya. Beberapa bahkan merasa termotivasi dan lebih bersemangat usai mengikuti kegiatan yang juga mengetes kekompakan tim ini.

 

Belajar Rafting? Pahami Istilah-istilah Dalam Wisata Arum Jeram Berikut

Dalam aktivitas rafting atau wisata arum jeram, mereka yang tidak terbiasa kadang merasa heran dengan istilah yang sering dilontarkan para rafter profesional. Karena itu, apabila Anda mulai menyukai olahrga air ini dan sedang mendalami segala hal tentangnya, informasi terkait beberapa istilah yang sering digunakan dalam rafting berikut ini tentu sedikit banyak akan cukup membantu. Pernahkah Anda mendengar istilah put in atau entry point dalam rafting? Istilah ini memiliki arti lokasi start atau permulaan dari suatu pengarungan. Entry point juga bisa diartikan sebagai lokasi untuk menempatkan perahu untuk memulai suatu pengarungan. Lalu apa kebalikan dari entry point? Take out atau end point, yaitu titik akhir suatu pengarungan.

Sebenarnya ada pula istilah pada dunia rafting tidak terkecuali rafting malang yang digunakan untuk menyebut anggota-anggota atau penumpang dalam perahu karet tersebut. Ada tiga istilah yang penting untuk diketahui, yaitu Lilly dipper, New Yorker, dan skipper. Skipper merupakan istilah untuk orang yang memberikan instruksi-instruksi seperti gerakan dan atau mendayung kepada para penumpang selama pengarungan berlangsung. Dengan kata lain, skipper merupakan tokoh penting yang mengatur laju perahu sekaligus mengarahkan para penumpang. Seorang skipper sendiri harus memiliki keahlian dan pengetahuan dalam hal arum jeram, teknik dayung, karakter sungai, serta teknik-teknik dalam rafting dan penyelamatan atau rescue.

Bagaimana dengan Lilly dipper dan New Yorker? Kedua istilah ini bisa dibilang cukup mirip? Mengapa? Berikut penjelasannya. Lilly dipper merupakan istilah untuk penumpang atau pendayung yang lemah atau malas mendayung. Sementara itu, New Yorker merupakan istilah untuk para penumpang atau pendayung yang suka mengeluh dan merengek.

Ketika mulai sering mengikuti rafting malang ataupun di kota lain, terkadang perahu akan mengalami situasi sulit seperti terjebak diantara bebatuan (broach). Saat seperti ini, skipper akan memberikan instruksi kepada para penumpang untuk berpindah di sisi lain perahu karet yang lebih tinggi sehingga perahu dapat terdorong ke bawah. Instruksi yang diberikan oleh skipper ini disebut dengan High side. Apabila perahu berada pada area sungai yang memiliki arus tenang, istilah yang digunakan untuk menggambarkannya adalah Eddy. Dalam istilah Eddy sendiri terdapat istilah Eddy out dan Eddy Line. Istilah Eddy out digunakan untuk menggambarkan keadaan saat perahu meninggalkan aliran utama serta memasuki arus tenang pada suatu daerah. Sementara itu, eddy line digunakan untuk memberikan gambaran pada arus hulu dan hilir yang berlawanan.

Adapula istilah-istilah yang berkaitan dengan teknik-teknik dalam wisata rafting seperti brace, ferry, pirouette, roll, side surf, dan sebagainya. Masing-masing istilah tersebut bisa Anda cari tahu lebih dalam melalui informasi terkait rafting atau panduan atau keterangan dari rafter profesional.

 

Beberapa Tempat Rafting di Malang dengan Berbagai Pilihan Budget

Seperti kota-kota lainnya, ada banyak tempat rafting di malang yang bisa Anda didatangi. Masing-masing lokasi yang disuguhkan juga memiliki klasifikasi atau kisaran yang berbeda-beda. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda dan keluarga atau rekan kerja yang memiliki anggaran tertentu untuk berwisata petualangan ini. Sebagai referensi, inilah beberapa tempat atau lokasi di kota Malang yang bisa Anda pilih.

Salah satu lokasi rafting malang bagi Anda yang memiliki anggaran di atas 300 ribu rupiah per orang, lokasi rafting yang berada di Sungai Amprong sekitar Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang adalah solusinya. Sungai yang menjadi tempat pengarungan ini memiliki sekitar 20 jeram dengan karakteristik ketinggian yang bervariasi mulai dari yang mudah hingga sulit sekalipun. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena tempat wisata air ini buka fullday. Jadi, tidak akan masalah meskipun Anda datang pada waktu pagi maupun sore.

Untuk yang memiliki anggaran minimal sekitar 100 ribu rupiah, ada satu lokasi rafting malang yang bisa dikunjungi. Tempat tersebut menjadikan desa Mojorejo, Junrejo, Batu, Malang sebagai titik awal pengarungan. Untuk dapat menikmati aktivitas rafting di tempat ini, Anda harus datang pada pukul 9 pagi atau sebelum jam 1 siang.

Satu lagi lokasi rafting malang yang memasang tarif dengan harga murah adalah rafting di sisi lain dari sungai Amprong, khususnya di Dusun Besuki, Wringinanom, Poncokusumo, Malang. Di lokasi ini, Anda bisa dengan aman melakukan arung jeram bersama anak-anak. Anda dan keluarga juga dapat mencoba wahana lain di lokasi yang sama seperti river tubing, flying fox, dan sebagainya.

Selain ketiga pilihan lokasi rafting malang seperti yang disebutkan sebelumnya, ada pula beberapa pilihan tempat lain yang bisa dicoba seperti Kasembon dan Kaliwatu. Selain dapat menikmati fasilitas berupa alat rafting, para peserta juga bisa mendapatkan fasilitas lain seperti snack, drink, dan foto yang mengabadikan momen rafting.

 

Agar Wisata Arum Jeram Malang Tetap Aman? Inilah Tipsnya

Bagi yang bepergian ke Jawa Timur dan kebetulan ingin mencoba wisata arum jeram malang, Anda perlu menyimak tips agar aman dan nyaman mengikuti rafting berikut ini. Pertama, memilih peralatan rafting yang tidak rusak. Baik pada dayung maupun helm dan pelampung, Anda harus memilih yang berfungsi dengan baik. Helm yang baik adalah yang pas di kepala dan tidak menyebabkan dagu luka karena sambungan tali pengencang di sekitar dagu. Hal yang sama juga berlaku untuk pelampung. Sebaiknya Anda memilih pelampung yang tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat. Pastikan pula bahwa tali pengencang di sekitar pelampung dikenakan dengan benar.

Image result for safety rafting

Ketika mengikuti aktivitas seperti rafting malang, pakaian yang dikenakan saat itu juga sedikit banyak akan mempengaruhi fisik saat ber-arung jeram. Karena Malang merupakan dataran yang memiliki suhu udara cukup sejuk dan dingin bahkan ketika siang hari, Anda perlu mengenakan pakaian yang tidak terlalu tipis atau tidak terlalu tebal seperti jaket wol, dan sebagainya. Intinya, pakaian yang dipilih akan lebih baik jika tidak bertambah berat atau kaku saat terkena air. Untuk para pria, mereka bisa mengenakan celana pendek agar lebih nyaman. Agar kaki aman dan tidak luka saat menginjak batuan sungai yang beberapa diantaranya cukup tajam, sandal gunung bisa menjadi pilihan terbaik.

Agar aktivitas rafting malang yang diikuti aman hingga selesai, Anda harus mengikuti panduan dan petunjuk rafter profesional. Jadi, Anda harus mengikuti perintah mulai dari pemanasan hingga cara memegang dan mengoperasikan dayung. Posisi memegang dayung yang harus diikuti para peserta adalah memegang dengan pola membentuk huruf T. Jika tidak tepat dalam memegang dayung, tangan bisa mudah kram atau bahkan terkena cedera.

Salah satu tips aman lainnya yang juga bisa dicamkan dengan baik adalah sebisa mungkin berada di perahu karet. Mengapa? Aktivitas seperti rafting malang yang di dalamnya banyak pergerakan untuk menghindari dan melalui bebatuan akan cukup berbahaya jika digunakan untuk berenang karena si perenang bisa terantuk batu dan cedera. Oleh karena itu, jika skipper atau rafter professional tidak memperbolehkan Anda sebagai penumpang untuk berenang di suatu tempat, sebaiknya jangan terjun ke dalam air. Lalu, bagaimana jika suatu kali perahu terbaik atau dibalik sehingga para penumpang terlempar ke air? Jangan panik karena bagaimanapun Anda akan muncul tidak jauh dari perahu tersebut. Jika jauh dari perahu, ikuti aba-aba skipper untuk berenang mendekati perahu dan dinaikkan ke atas perahu.

Jika bukan merupakan perenang professional atau bahkan tidak bisa berenang, dengarkan perintah dari skipper rafting malang yang Anda ikuti. Teknik berenang di sungai berbatu biasanya adalah memposisikan badan seperti telentang di air dengan posisi kain di bawah depan sehingga ketika mengikuti arus kaki akan menyentuh batu di depan terlebih dahulu. Posisikan pula lengan sedemikian rupa sehingga dapat mengontrol badan.

 

Rafting Malang Batu Bersama Anak-Anak? Ada Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Seperti yang kita tahu, salah satu lokasi di Malang yang memiliki banyak pilihan wisatanya adalah kota Batu. Sebut saja wisata kebun apel yang ada di kota Batu yang banyak dikunjungi para keluarga maupun siswa-siswi peserta study tour. Tidak hanya wisata agrikultur saja, kota Batu juga menyediakan wahana petualangan seperti rafting malang batu yang bisa diikuti oleh orang dewasa, remaja, dan anak-anak.

Wahana maupun camping ground sudah merupakan hal biasa bagi orang tua dengan anak-anaknya. Anda bisa mencoba aktivitas yang berbeda seperti arum jeram dengan pilihan layanan yang mengutamakan keamanan anak. Sementara itu, untuk lokasinya, Anda bisa memilih kota Batu Malang sebagai lokasinya. Namun, sebelum itu, Anda bisa menyimak tips agar aktivitas rafting malang aman dilakukan bersama anak-anak.

Seperti halnya orang dewasa, alat arung jeram seperti helm dan pelampung juga penting pemilihan maupun pemakaiannya. Untuk anak-anak, biasanya ada pelampung dan helm yang dirancang khusus untuk anak-anak sehingga aktivitas rafting malang berlangsung aman tanpa masalah. PFD pada anak-anak harus terkaincing dengan rapat dan tidak longgar atau merosot. Dengan begitu, pelampung tidak hanya akan membuat pemakainya mengambang sekaligus lebih terlindungi.

Ketika akan mengikuti agenda rafting malang bersama anak-anak, Anda mungkin nantinya perlu berkonsultasi dengan pihak rafter professional mengenai lokasi atau bagian sungai yang paling aman dan tepat untuk dilalui bersama anak-anak. Biasanya anak-anak tidak ingin turun ke sungai ketika suhu air sangat dingin. Karena itu, Anda juga harus memilih waktu yang tepat untuk mencoba arung jeram bersama anak-anak seperti saat suhu sedang hangat-hangatnya di pagi menjelang siang atau siang menjelang sore hari.

Karena anak-anak cenderung tidak betah ketika harus diam di atas perahu, Anda bisa membuat mereka tertarik dengan memilih lokasi sungai yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penumpang ekstra untuk menjaga dan memegang anak-anak. Aktivitas rafting malang akan semakin menyenangkan jika sepanjang pengarungan Anda berinisiatif memainkan beberapa games kata.

 

Ingin Mencoba Rafting Kaliwatu Batu Malang? Ini Biaya yang Harus Dipersiapkan

Dari sekian banyak tempat rafting yang ada di kota Malang, Anda tentu pernah mendengar rafting Kaliwatu. Tempat rafting ini merupakan salah satu tempat wisata petualangan air yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestic maupun manca. Pengunjungnya pun beragam mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Rafting malang yang satu ini memasang tarif harga untuk tiket masuknya. Untuk satu orang wisatawan dalam maupun manca negara, biaya yang harus dibayarkan yaitu sekitar 200 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, mereka sudah bisa melakukan pengarungan selama 3 jam sejauh 7 km. Luar biasa puasnya bukan?

Rafting kaliwatu batu malang sendiri mengambil lokasi sungai Amprong sebagai tempat awal pengarungan. Bagi Anda yang tidak tahu, sungai Amprong mengalir di kawasan yang terkenal keindahan alamnya, yaitu Coba Pelangi. Baik sungai Amprong maupun Coban Pelangi masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk kesana, Anda bisa mencari kecamatan Poncokusumo terlebih dahulu melalui mesin pencarian map atau GPS. Kira-kira selama 54 menit, Anda bisa mencapai lokasi rafting yang jauhnya sekitar 30 km dari kota Malang.

Kaliwatu yang merupakan salah satu lokasi andalan pecinta rafting malang memiliki lingkungan yang asri dan hijau dengan hamparan tanaman hijau di sekitarnya. Selain itu, sungai yang mengalir sepanjang 7 km juga memiliki air dari Coban Pelangi yang jernih dan bersih. Jadi, para peserta tidak perlu takut dan khawatir terkena penyakit kulit. Di samping itu, karakteristik sungai berbatu dengan aliran airnya yang deras memberikan nuansa tersendiri sebagai lokasi favorit untuk ber-arung jeram. Tak terkecuali untuk anak-anak, ada lokasi sungai yang aman dilalui berikut dengan fasilitas tambahan yang akan memberikan pengalaman wisata petualangan menyenangkan.

Lokasi rafting malang yang dibuka mulai jam 9 pagi hingga 1 siang ini bisa dinikmati selama sekian jam hanya dengan biaya mulai dari 150 ribu rupiah. Anda nantinya tidak hanya mendapatkan fasilitas rafting yang aman serta skipper berpengalaman saja, namun juga makan siang yang mengenyangkan. Di tengah perjalanan rafting, Anda akan diberhentikan di tempat peristirahatan yang menyediakan camilan dan minuman yang menyegarkan untuk melepaskan dahaga.

Jika masih ada waktu, para peserta rafting dari kelompok keluarga, kelompok kantoran, kelompok tour, dan sebagainya bisa menikmati suasana memetik buah jambu langsung dari pohon di kebunnya. Setelah usai, Anda bisa memilih tempat untuk beristirahat dengan nyaman sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat lain.

Demikian informasi menarik yang berkaitan dengan rafting malang. Jika masih ragu untuk mencoba wisata petualangan yang menguji adrenalin ini, Anda bisa membaca lebih banyak ulasan dari mereka yang telah mencoba. Apakah Anda siap untuk liburan yang luar biasa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *